Pemodelan adalah membentuk suatu
benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat
seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan
dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek
bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini
sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Bisa dikatakan bahwa
desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer dan
pendesainannya. Dimana pemodelan adalah proses membentuk sketsa
kasar suatu obyek yang nantinya akan dibuat. Membuat dan mendesain obyek tersebut
sehingga dapat terlihat hidup. Proses ini dikerjakan seluruhnya di komputer.
Perkembangan grafis
komputer, atau biasa disebut CG, telah membuat kita dapat berinteraksi dengan
mudah dengan komputer , dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai
jenis data. . Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada
banyak jenis media dan telah merevolusi industri dibidang animasi dan video
game. Istilah komputer grafis telah digunakan dalam arti luas untuk
menggambarkan “segala sesuatu pada komputer yang bukan berupa teks atau suara”.
Biasanya istilah komputer grafik banyak digunakan pada beberapa hal:
·
Representasi dan manipulasi data citra oleh
komputer.
- berbagai teknologi yang
digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar.
·
berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat
dan memanipulasi gambar pada gambar yang dihasilkan.
·
sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk
mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Saat ini, komputer grafis mengahsilkan segala sesuatu
yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari.. Citra
komputer grafik dapat ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti
misalnya dalam laporan cuaca atau dalam semua jenis penyelidikan medis
dan prosedur operasi. Grafis yang dibuat dengan baik dapat
mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat
dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan, thesis,serta
tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat
lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis atau CG.
Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: untuk
2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan
digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan
perangkat komputer grafis 2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah
muncul sebagai sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode
untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual. Ternyata
desain pemodelan grafik tidak hanya digunakan dalam memnipulasi gambar dalam
hal entertaining ataupun untuk hiburan semata. Akan tetapi desain pemodelan
grafik juga digunakan untuk hal hal seperti dibawah ini :
- Peta digital
- Kesehatan
- Perancangan objek
- System multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra, dan
- Simulasi.
Sedangkan
Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
1.
Pemodelan geometris : menciptakan model matematika
dari objek-objek 2D dan3D.
2.
Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari
model yang telah dibentuk.
3.
Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour
objek bergantung waktu.
Tipe-Tipe Citra
Grafis
Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar
yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh
adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D
kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan
menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
Pixel
Art
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan
melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit
pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau
game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
Vector
graphics
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan
representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah
pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan
tetap(tidak blur atau pecah).
Grafik
Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang
menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek,
dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk
perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak
bergantung pada aloritma-algoritma.
Animasi
Komputer
Animasi Komputer adalah seni membuat gambar bergerak
melalui komputer. Biasanya ini digunakan pada film-film animasi berbudget
besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini.
contoh gambar permodelan grafik |
Sumberr:
·
0 komentar:
Posting Komentar