Senin, 15 Oktober 2012

Perkembangan Grafis dan Pemodelan Serta Pengaruhnya Terhadap Perubahan Teknologi

Senin, 15 Oktober 2012


 Apa si pengaruh dari perkembangan Desain Permodelan Grafis ?” sebelum saya memberi jawabannya saya akan menjelaskan dulu apa si pengertian Desan grafis itu...
pengertian desain grafis itu  sendiri adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa disembunyikan. desain grafis ditetapkan dalam desain komunikasi dan fine art Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan). Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design), atau “desain multimedia” (multimedia design’)


Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
 
Sedangkan sejarahnya adalah seperti ini
awalnya desain grafis merupakan perkembangan dari tulisan. Huruf huruf alfabet yang ditemukan bangsa Romawi. semakin berkembangnya jaman perguruan tinggi di eropa membutuhkan buku. dikarenakan belum ada teknologi yang memadai konon katanya untuk membuat sebuah buku harus di salin tangan membutuhkan waktu yang panjang untuk proses penyalinannya. sehingga terciptalah lahirlah huruf Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi lewat bentuk huruf ini karena ketipis tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan hurufnya yang kecil dan ramping membuat tulisan lebih banyak dimuat dalam satu halaman buku. kalau secara singkat ya seperti ini ...

  1. Awalnya desan grafis telah ditemukan sekitar 15.000 – 1000 sebelum masehi. Dimana orang-orang roma telah menggunakan gambaran diatas dinding gua senagai bahasa virtual.
  2. Kemudian pada tahun 1880, New York Daily Graphic banyak menggunakan elemen grafik yaitu dengan memasukkan elemen fotografi.
  3. Pada tahun yang sama , poster ilustrasi berwarna dihasilkan dan dilekatkan disekitar Bandar di amerika dan eropa.
  4. Pada tahun 1930 hingga 1930, kumpulan avant grade telah memperkenalkan istilah art nouveu yang mempelopori seni huruf.
  5. Antara pereka grafik yang terkenal dalam kumpulan avant grade ialah hendri de Toulouse-lautrece (1864-1901), peter Behrens (1869 – 1940), jules cheret (1836 – 1932).


Contoh pengaruhnya terhadap perkembangan jaman adalah seperti 
  •   komputer, awalnya koputer memiliki ukuran fisik yang sangat besar dan tampilan pada monitor yang kurang menarik. tapi lama kelamaan teknologi semakain berkembang dan itu tidak lepas dari perkembangan desain grafis. yang awalnya hanya membuat dan merancang sketsa komputasi dengan menggunakan kertas, sekarang sudah bisa menggunakan software-software yang sangat bagus. apa lagi sekarang desain yang kita buat bisa ditampilkan secara 3D.
  • Ada juga sekarang tren dalam “Photo Editing” yang sudah menjamur kedalam masyarakat. Banyak sekali lomba-lomba atau event-event yang diselenggarakan dengan menggunakan “photo editing” sebagai contentnya. Hal ini dikarenakan pula oleh teknologi yang sudah sangat berkembang, misalnya kamera yang canggih, kamera yang sudah dimiliki oleh kebanyakan telepon seluler, dan juga peran media sosial yang tak luput untuk ‘memeriahkannya’ dan masih banyak lagi.
  •   Demikian penjelasan saya tentang  pengaruh perkebangan  Desain Permodelan Grafis semoga bisabermanfaat bagi pembacanya....
 
 
 
Sumber :
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
tugas seorang mahasiswa.... ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates | Distributed by Blogger Styles | Credit Card Offers