Senin, 30 April 2012

Web Clustering

Senin, 30 April 2012

Web Clustering adalah suatu alat untuk analisa data, yang memecahkan permasalahan penggolongan/pengelompokan . Pengelompokan ini menggunakan Algoritma Semantic Hierarchical Online Clustering (SHOC) yang merupakan salah satu algoritma clustering yang mengelompokkan dokumen web hasil pencarian ke dalam cluster tertentu berdasarkan frase-frase kunci yang terdapat dalam dokumen tersebut.

Contoh  Obyek nya adalah untuk kasus pendistribusian (orang-orang,objek, peristiwa dll.) ke dalam kelompok, sedemikian sehingga derajat tingkat keterhubungan antar anggota cluster yang sama adalah kuat dan lemah antar anggota dari cluster yang berbeda. Dengan Cara ini masing-masing cluster menguraikan, dalam kaitan dengan kumpulan/koleksi data, class dimana milik anggota-anggotanya :

Cluster : Data item dikelompokkan menurut pilihan konsumen atau hubungan logis. Sebagai contoh, data dapat dimaknakan untuk mengidentifikasi segmen pasar atau ketertarikan konsumen.

carrot 2
    Salah satu software yang mengimplementasikan teknik web clustering ini adalah Carrot2. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihanya bahkan bisa men-download-nya DISINI. Carrot2merupakan mesin clustering yang bersifat open source yang berarti bebas untuk dikembangkan maupun disebarluaskan.






referensi :

http://project.carrot2.org/
http://en.wikipedia.org/wiki/Carrot2
http://goggle.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
tugas seorang mahasiswa.... ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates | Distributed by Blogger Styles | Credit Card Offers