Selasa, 18 Juni 2013

Games dan Algoritmanya

Selasa, 18 Juni 2013 0

                
kali ini saya akan membahas tentang algoritma yang di gunakan oleh setiap games salh satu games yang akan saya bahas adalah game Tic tac toe. Tic tac toe sendirin  merupakan suatu permainan antara player dengan Ai yang bertujuan membentuk suatu susunan X atau O secara diagonal vertical maupun horizontal yang dimulai secara acak. Disini saya menggunakan papan kotak yang berdimensi 9 x 9 dengan jumlah masing masing kotak- kotak kecil 81 kotak , dimana terdapat  9 baris dan 9  kolom. Dalam permainan ini ada dua objek yang akan bermain yaitu komputer yang berperan sebagai AI dan tentunya player atau pemain. Dengan warna symbol yang telah ditentukan oleh pembuat game. Player atau pemain menggunakan symbol X dengan warna merah dan komputer atau AI menggunakan symbol O dengan warna biru yang ditengahnya berwarna putih.

1.      Kondisi menang
Kondisi ini terjadi bila Player atau pemain mampu membuat lebih dahulu satu garis lurus yang terdiri dari 9 buah symbol X secara Horizontal, Vertikal ataupun Diagonal sebelum komputer atau AI membuat garis lurus lebih dahulu.

Gambar kondisi menang :

1.      Kondisi kalah
Kondisi ini terjadi bilamana computer atau AI dapat membuat satu garis yang terdiri dari 9 buah symbol O secara Horizontal, Vertikal, maupun Diagonal terlebih dahulu.

                Gambar kondisi kalah :

1.      Kondisi seri
          Kondisi ini terjadi bilamana semua kotak telah terisi tetapi belum ada yang mampu membuat satu garis dengan 9 buah symbol sebara horizontal, vertical, maupun diagonal.

Gambar Kondisi seri :

Konsep Algoritma 
Jenis algoritma yang diterapkan dalam permainan tic tac toe adalah Algoritma Minimax. Algoritma Minimax merupakan algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil  kemungkinan kehilangan nilai maksimal. Algoritma ini diterapkan dalam permainan yang melibatkan dua pemain dan permainan yang menggunakan strategi atau logika. Dalam masalah ini, permainan-permainan tersebut dapat dijelaskan sebagai suatu rangkaian beraturan.

            Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI. Algoritma ini akan melakukan pengecekan pada seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut. Algoritma Minimax merupakan algoritma dasar pencarian DFS (Depth-First Search) untuk melakukan traversal dalam pohon (tree).  DFS akan mengeksekusi simpul paling dalam terlebih dahulu.

            Algoritma Minimax pada tic tac toediterapkan oleh AI untuk dapat menentukan langkah apa yang sebaiknya diambil, agar langkah yang diambil tersebut bertujuan untuk membuat AI memenangkan permainan ini atau minimal membuat skor pemain menjadi sama.









Refrensi







 
tugas seorang mahasiswa.... ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates | Distributed by Blogger Styles | Credit Card Offers